Struktur Organisasi Mayora Secara Inti Beserta Tugasnya

Struktur organisasi Mayora yang telah terbentuk bisa dijadikan sebagai gambaran mengenai tugas dari masing-masing pemegang jabatan pada suatu perusahaan. Tugas dari setiap bagianpada perusahaan memang sangat penting sebab hal ini akan berpengaruh secara langsung pada hasil kerja atau output perusahaan. Untuk itu tugas masing-masing divisi atau jabatan yang ada di perusahaan seperti Mayora bisa diketahui secara lebih lanjut.

Tugas Dewan Komisaris

Jabatan pertama yang perlu untuk diketahui adalah dewa komisaris. Dewan komisaris ini memiliki tugas penting terutama dalam hal melakukan pengawasan terhadap berbagai kebijakan yang diberlakukan di sebuah perusahaan. Dewan komisaris juga menjadi pihak yang memberikan masukan kepada direktur perusahaan.

Jadi setiap pertimbangan dari dewan komisaris ini perlu untuk diperhatikan secara lebih lanjut demi kemajuan dan perkembangan perusahaan. Dewankomisaris pada PT Mayora saat ini dijabat oleh empat orang. Maka setiap orang yang menjabat dan menjadi bagian dari dewan komisaris ini bisa saling melengkapi terutama dalam hal pembuatan kebijakan perusahaan. Tentu hal ini akan sangat membantu direktur dalam melakukan pengelolaan perusahaan.

Tugas Direksi

Bagian direksi tentu saja juga memiliki tugas yang sangat penting dan berpengaruh pada proses operasional perusahaan. Pada dasarnya bagian direksi memiliki tugas utama untuk mengelola atau mengurus perusahaan. Selain itu bagian direksi juga harus mewakili perusahaan baik untuk keperluan internal perusahaan maupun untuk keperluan eksternal. Di PT Mayora rupanya direksi terdiri ke dalam beberapa bagian. yaitu direktur utama dan direktur pemasaran serta direktur keuangan. Ada pula direktur supply chain dan juga direktur operasional. tentu saja masing-masing direktur ini bekerja sesuai dengan fungsinya. namun seluruh direktur di tiap bagian ini nantinya akan berkoordinasi dan bertanggung jawab terhadap direktur utama.

Tugas Komite Audit

Selain dewan komisaris dan direktur perusahaan rupanya ada pula bagian atau divisi lainnya yang juga memiliki peran penting. Yaitu divisi komite audit yang tentunya juga dapat Anda jumpai di PT Mayora. Komite audit ini pada dasarnya bertugas untuk membantu dewan komisaris. Itulah sebabnya komite audit ini merupakan hasil bentukan dari dewan kommisaris.

Dalam hal ini rupanya komite audit bisa melakukan segala hal atau segala pekerjaan yang memang diberikan oleh pihak dewan komisaris. Namun umumnya komite audit membantu dewan komisaris dalam melakukan segala hal yang berkaitan dengan proses pengelolaan perusahaan. Misalnya saja seperti pengendalian seluruh proses yang terjadi dalam internal perusahaan.

Tugas Sekretaris Perusahaan

Bagian yang terakhir dan dibahas kali ini adalah tugas dari sekretaris perusahaan. Sekretaris perusahaan pada dasarnya memiliki peranan yangpenting dalam hal menjalin komunikasi. Dalam hal ini komunikasi bisa dijalin baik antarbagian di dalam internal perusahaan maupun komunikasi antara pihak perusahaan dengan pihak eksternal. Pihak eksternal ini misalnya saja seperti masyarakat atau bisa juga pihak investor dan klien serta pihak lainnya. Umumnya pula sekretaris memiliki tugas khusus dalam hal pembuatan surat sehingga diperlukan keahlian menulis dengan menggunakan bahasa baku yang baik.

Struktur organisasi Mayora yang dibuat atau disusun oleh perusahaan tentu saja diharapkan agar dapat berfungsi dengan baik. Dengan adanya struktur yang telah tercantum maka setiap bagian dari perusahaan tentu bisa bekerja sesuai dengan alur kerja yang seharusnya dan sesuai dengan sistem yang berlaku. Maka nantinya setiap bagian dari perusahaan bisa berfungsi secara maksimal.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *