Mengenal jenis batu empedu dan mengenali faktor resiko terkena batu empedu

7 Obat Herbal Ini Ampuh Hilangkan Batu Empedu Tanpa Operasi

Batu empedu bukanlah benar-benar “batu” Itu adalah potongan bahan padat yang terbentuk di kantong empedu, organ kecil yang terletak di bawah hati. Anda mungkin bahkan tidak tahu bahwa Anda memilikinya sampai mereka memblokir saluran empedu, menyebabkan rasa sakit yang harus segera diobati.

Batu empedu ini ada Dua jenis utama, yaitu:

  • Batu kolesterol. Ini biasanya berwarna kuning-hijau. Mereka jenis yang paling umum, terhitung 80% penderita batu empedu terjangkit batu empedu kolestrol.
  • Batu pigmen. Batu-batu ini lebih kecil dan lebih gelap. Mereka terdiri dari bilirubin, yang berasal dari empedu, cairan yang dibuat hati dan kandung empedu Anda.

Sebenarnya tidak ada alasan yang pasti apa penyebab terjangkit penyakit batu empedu, Mungkin ada beberapa alasan, termasuk:

  • Gen Anda
  • Berat badanmu
  • Masalah dengan kantong empedu Anda
  • Diet

Adanya kelainan pada Empedu bisa menjadi bagian dari masalah yang besar. Tubuh Anda membutuhkan empedu tetapi jika dalam darah mengandung terlalu banyak kolesterol akan membentuk batu empedu sehingga empedu akan terhambat, Itu juga bisa terjadi jika kantong empedu Anda tidak dikosongkan dengan benar. Batu pigmen lebih umum pada orang dengan kondisi medis tertentu, seperti sirosis (penyakit hati) atau penyakit darah seperti anemia sel sabit.

Anda lebih mungkin mendapatkan batu empedu jika:

  1. Kegemukan, Ini adalah salah satu faktor risiko terbesar. Obesitas dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda dan juga membuat kandung empedu lebih sulit dikosongkan sepenuhnya.
  2. Anda meminum pil KB, terapi penggantian hormon untuk gejala menopause, atau sedang hamil. Estrogen ekstra adalah masalahnya. Ini dapat meningkatkan kolesterol dan membuat kandung empedu lebih sulit dikosongkan.
  3. Anda menderita diabetes. Orang dengan kondisi ini cenderung memiliki kadar trigliserida yang lebih tinggi (sejenis lemak darah), yang merupakan faktor risiko batu empedu.
  4. Anda minum obat untuk menurunkan kolesterol Anda. Beberapa obat ini meningkatkan jumlah kolesterol dalam empedu, yang dapat meningkatkan peluang Anda terkena batu kolesterol.
  5. kehilangan berat badan terlalu cepat. Hati Anda menghasilkan kolesterol ekstra dapat menyebabkan batu empedu.

Batu empedu juga lebih mungkin diderita oleh orang yang memiliki turunan batu empedu dan kebanyakan yang terkena batu empedu yaitu wanita dan orang tua. Gejala batu empedu sebenarnya hampir tidak terlalu kelihatan, atau bahkan kalian tidak akan tahu kalian memilki batu empedu, kecuali dokter Anda memberi tahu Anda setelah melihat hasil USG. Tetapi jika Anda mendapatkan gejala, biasanya termasuk:

  • Rasa sakit di perut bagian atas dan punggung atas yang bisa bertahan selama beberapa jam
  • Mual
  • Muntah
  • Masalah pencernaan lainnya, termasuk kembung, gangguan pencernaan dan mulas, dan bergas

Bagaimana Dokter Mendiagnosis batu empedu? Jika dokter Anda mengira Anda memiliki batu empedu, ia akan memberi Anda pemeriksaan fisik. Anda juga bisa melakuakan tes darah untuk memeriksa tanda-tanda infeksi atau halangan, dan untuk menyingkirkan kondisi lain, Ultrasonografi Prosedur cepat ini membuat gambar bagian dalam tubuh Anda, CT scan. Sinar-X khusus memungkinkan dokter melihat bagian dalam tubuh Anda, termasuk kantong empedu, Magnetic resonance cholangiopancreatography (MRCP) Tes ini menggunakan medan magnet dan gelombang energi gelombang radio untuk membuat gambar bagian dalam tubuh Anda, termasuk hati dan kantong empedu. Banyak orang dengan batu empedu menjalani operasi untuk mengeluarkan kantong empedu untuk mengambil batu empedu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *