Memasak jangan sampai menghilangkan gizi ikan

Ikan merupakan suatu bahan pangan yang banyak digunakan untuk memasak, selain rasanya yang nikmat ikan juga memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh seperti protein, mineral, vitamin, dan omega 3. Protein yang terdapat pada ikan juga tinggi, walaupun termasuk ke dalam kategori protein hewani namun ikan berbeda seperti jenis bahan pangan hewani lain seperti daging merah atau telur karena ikan memiliki kadar kolesterol yang tinggi, itulah mengapa sebagian besar orang yang sedang menjalani diet memilih untuk banyak mengkonsumsi ikan.

Ikan yang memiliki banyak manfaat juga akan dengan mudah didapatkan terutama di Indonesia yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari perairan. Ikan juga banyak dijual dengan mudah di pasar tradisional dan juga di supermarket, untuk membeli ikan terutama di pasar tradisional pastikan kamu membeli ikan yang masih segar dan tidak berbau busuk, pendistribusian ikan dari wilayah perairan ke wilayah perkotaan dikhawatirkan menjadikan ikan yang dijual membusuk ketika dijual, buruknya kualitas ikan selain akan menghilangkan nilai gizinya yang tinggi juga dikhawatirkan akan menjadikan konsumennya keracunan. Namun selain cara mendapatkan ikan, ternyata kita juga harus berhati-hati dalam mengolah atau memasak ikan agar terjaga nilai gizinya dan tidak menghilangkan tingginya gizi ikan sehingga akan tetap menyehatkan ketika dikonsumsi, memasak ikan memang biasanya menggunakan metode penggorengan karena praktis, memasak ikan juga akan lebih mudah jika menggunakan happycall double pan jika dimasak dengan metode frying pan, namun metode ini dianggap kurang menyehatkan karena menggunakan minyak goreng yang cukup banyak. Lalu bagaimana cara mengolah ikan yang baik sehingga akan tetap menjaga kualitas ikan?

  1. Bersihkan ikan dengan baik

Karena panjangnya proses pendistribusian ikan, dikhawatirkan akan banyak terkontaminasi bakteri berbahaya selama proses tersebut, maka dari itu bersihkan ikan dengan air mengalir dan juga pastikan tak ada kotoran tersisa yang ada di dalam tubuh ikan ketika akan diolah.

  1. Ikan kukus

Ikan yang diolah dengan metode ini pastinya akan terjamin dan baik untuk kesehatan, karena mengolah ikan dengan cara ini akan menghindarkan kamu dari penggunaan minyak berlebih seperti metode pengolahan ikan dengan cara digoreng, metode ini juga akan cocok jika kamu menyukai olahan ikan dengan hasil daging ikan yang lembut di mulut ketika di konsumsi.

  1. Ikan asap

Metode ini sudah ada sejak lama dan banyak dilakukan oleh para pendahulu kita, karena selain sebagai salah satu metode memasak ikan, metode ini juga dilakukan untuk menjaga ikan dari kebusukan, metode pengasapan juga akan menghasilkan aroma ikan asap yang khas dan nikmat. Penyajian ikan asap akan lebih nikmat ditambahkan sambal atau bumbu lain, selain itu banyak juga yang membuat olahan sop ikan dari ikan yang sudah diasap dengan tujuan menghilangkan bau amis pada ikan. Metode ini juga menyehatkan karena terhindar dari pemanasan tinggi yang dapat mengurangi banyak gizi ikan, selain itu mengolah ikan dengan metode ini juga akan menghindarkan kamu dari penggunaan minyak goreng dan bahan serupa yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

  1. Ikan bakar

Karena penggunaan minyak yang sangat sedikit metode ini dianggap cukup menyehatkan, namun beberapa tulisan menyatakan jika konsumsi bahan makanan yang dibakar akan berpotensi memicu tumbuhnya sel kanker, maka dari itu pengonsumsiannya harus dijaga agar tidak berlebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *