Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Banyak Tantangan, Ini 8 Panduan Mendidik Anak Bagi Ibu Millennial

Sebagai website ibu muda millenial pavorit, tentunya Popmama.com selalu menyajikan artikel-artikel yang terkini sehingga sangat cocok untuk dijadikan referensi bagi ibu muda yang haus akan informasi, terutama mengenai cara mendidik anak. Karena memang mendidik anak itu adalah kewajiban orang tua yang harus dilakukan. Namun, dalam proses mendidik anak itu kadang orang tua melakukannya dengan cara-cara yang salah. Lalu apa saja kesalahan-kesalahan tersebut? Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang tua dalam mendidik anak :

  1. Sering Mengkritik dan Suka Membanding-Bandingkan

Jika ada orang mengkritik anda habis-habisan tentunya akan membuat anda tidak senang bukan? Ya. Perasaan itu juga yang akan dirasakan oleh anak ketika anda selalu mengkritiknya. Memberikan kritikan yang berlebihan pada anak merupakan suatu kesalahan yang jarang disadari oleh para orang tua. Padahal, dampaknya sangat berpengaruh untuk perkembangan anak, dimana anak akan menjadi minder untuk melakukan sesuatu karena takut dikritik oleh orang tuanya. Bukan hanya itu, orang tua juga selalu membanding-bandingkan anaknya dengan anak oran lain yang sebayanya. Hal ini justru bisa menghancurkan rasa percaya diri pada anak.

  1. Berekspetasi Terlalu Tinggi dan Menuntut

Memang anak akan merasa senang jika dibanggakan oleh orang tuanya. Namun, sebaliknya anak akan sangat sedih dan frustasi jika tidak sesuai dengan harapan orang tuanya. Hal ini terjadi karena para orang tua memiliki ekspetasi yang tinggi atas kemampuan anak. Hal ini tentunya akan membuat anak merasa tertekan dan tidak nyaman. Maka dari itu, hindarilah sikap egois ini, dan anda juga harus mengetahui kemampuan anda dan tidak membebaninya diluar kemampuannya.

  1. Tidak Konsisten dan Tidak Ada Batasan

Kadang orang tua tegas dengan peraturan, namun pada waktu lain bersikap acuh dengan apa yang dilakukan anak. Cara seperti ini bisa membuat anak kebingungan dan menyulitkan anak untuk bersikap. Apalagi jika anda tidak menetapkan batasan serta membiarkan anak melakukan apa saja sesuka hatinya. Hal ini tentunya akan membuat anak anda menjadi tidak disiplin dan sulit untuk dikontrol.

  1. Adu Mulut Dengan Anak

Pada saat diomeli, biasanya anak akan membalas omelan anda tersebut. Sehingga anda akan terpancing dan tersulut amarah menanggapi anak. Tentunya hal itu akan membuat suasana menjadi keruh. Oleh karena itu, lebih baik ucapkan kata penegasan, lalu terapkan cara mendisiplinkan anak yang lebih efektif, misalnya dengan metode time out.

  1. Tidak Menjadi Tauladan Yang Baik

Jika anda menginginkan anak bersikap baik, maka anda pun harus mencontohkan sikap yang baik pula dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebaliknya jika anda berperilaku buruk, maka anak anda juga pasti akan berperilaku buruk, karena biasanya anak selalu meniru perilaku orang tuanya saat di rumah. Secara sadar atau tidak sadar, mungkin anda pernah melakukan perilaku yang buruk di depan anak, misalnya suka membentak atau membanting sesuatu ketika marah, suka memukul, buang sampah sembarangan, dan perilaku buruk lainnya. Jika anda berperilaku seperti itu, jadi jangan aneh dan jangan menyalahkan anak kalau anak anda juga akan berperilaku seperti anda. Maka dari itu, jadilah anda sebagai orang tua yang menjadi suri tauladan yang baik bagi anak.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang tua dalam mendidik anaknya. Semoga dengan informasi ini, anda sebagai orang tua bisa menjadi lebih bijak lagi dalam mendidik anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *