Ajak Anak Main Hujan? Siapa Takut! Banyak Manfaatnya, kok!

Saat hujan turun, biasanya anak-anak akan berperilaku seperti ingin bermain dengan hujan tersebut. Ini bisa Anda lihat dengan gerak-gerik mereka menadahkan tangan atau kaki di bawah hujan. Nah, bila begini, kenapa tidak sekalian saja Anda membawa anak Anda bermain hujan-hujanan? Kan seru!

Tak perlu takut mereka sakit. Kini hadir produk personal care DOREMI Thomas & Friends yang akan menjaga kesehatan serta kesegaran putra-putri Anda. DOREMI juga membuat program #GreatAdventureAwaits untuk anak-anak agar mereka bebas bergerak dan bermain guna membentuk karakter anak hebat! Apa saja permainan yang bisa dilakukan saat hujan?

  1. Parade Payung

Caranya, Anda cukup menyediakan payung, jaket dan sepatu bot. Anda bisa mengajak anak Anda bermain menggunakan payung lalu berikan pertanyaan-pertanyaan ringan. Beri mereka kesempatan mendengarkan suara hujan dan sesekali menjulurkan tangan dari payung. Anda juga bisa mengajaknya memutar-mutarkan payung searah atau berlawanan jarum jam.

Permainan ini berguna untuk melatih kemampuan bahasa dan bicara mereka lewat pertanyaan ringan. Juga bisa melatih imajinasi, kreativitas, kecerdasan natural, keberanian, menstimulasi kemampuan motorik halus dengan memutarkan payung, indera peraba serta indera pendengarannya dengan memperdengarkan suara hujan langsung.

  1. Berburu Cacing dan Serangga

Jangan keburu jijik dengan permainan yang satu ini. Memang terlihat kotor, namun nyatanya sangat bermanfaat untuk melatih kecerdasan naturalisnya, ketelitian, konsentrasi, kesabaran, koordinasi mata, tangan dan kakinya. Bermain berburu cacing dan serangga di kala hujan ini juga bisa menstimulasi motorik halus dan motorik kasarnya, lho!

Itu bisa terjadi karena mereka mencarinya di berbagai tepat dan memasukkannya ke dalam toples atau plastik. Selain itu, permainan ini juga bisa mengasah kemampuan indera peraba dan penglihatan mereka juga karena mereka harus jeli melihat ketika hujan. Mereka juga bisa mengenal beraneka jenis hewan serta tempat hidupnya.

  1. Bermain Musik

Nah, permainan selanjutnya yang asik dilakukan sambil main hujan adalah bermain musik. Bukan musik sungguhan, Anda hanya perlu menyediakan ember atau mangkuk berbahan plastik ataupun botol dan kaleng untuk anak Anda pukul. Permainan ini berguna untuk menstimulasi motorik kasar dan halusnya.

Selain itu, bisa juga melatih kecerdasan musikal, logika berpikir, hubungan sebab-akibat seperti mengapa benda ini bisa berbunyi, serta koordinasi tangan dan mata. Permainan ini juga bermanfaat untuk indera pendengarannya karena mereka melakukannya di tengah hujan. Mereka jadi bisa membedakan banyak bunyi.

  1. Berenang di Bawah Hujan

Berenang di bawah hujan bukan berarti Anda harus membawa si kecil berenang di air hujan yang kotor di halaman. Maksudnya, Anda bisa menyediakan kolam plastik di halaman. Anda bisa mengajak mereka bermain pistol air sembari berenang. Agar lebih seru, Anda bisa bermain perang air sekaligus.

Kegiatan ini berguna untuk menstimulasi motorik kasar dan halusnya serta koordinasi mata, telinga, dan tangan. Kekuatan otot tubuh mereka juga jadi terkoordinasi. Selain itu, mereka juga dilatih untuk konsentrasi agar bisa membidik sasaran yang benar ketika bermain pistol air.

Tak ada salahnya mengajak anak-anak Anda bermain di bawah guyuran hujan. Tak perlu takut sakit karena sekarang ada perawatan tubuh anak dari DOREMI yang bisa membersihkan tubuh mereka dari kuman penyebab penyakit dan membuat tubuh mereka selalu segar. Tapi, ada yang harus Anda ingat. Bila bermain di bawah hujan, perut anak-anak harus terisi dulu agar mereka tak masuk angin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *