6 Tips Parenting yang Ampuh Mengatasi Rengekan Si Kecil

Merengek adalah salah satu bentuk komunikasi buah hati terhadap orang tuanya. Rengekan si kecil seringkali mengganggu orang tua yang sedang bekerja. Nah, sebelum kita masuk ke tips parenting mengatasi rengekan anak, alangkah baiknya kita tahu dulu penyebab anak suka merengek.

  • Frustasi

Merengek adalah salah satu bentuk respon anak ketika ia tidak tahu bagaimana cara mengungkapkan perasaan dan kemauannya. Anak yang merengek cenderung bingung pada kondisi di sekitarnya dan ingin orang tuanya tahu hal itu. Namun karena anak masih dalam tahap berkembang dalam berkomunikasi maka merengek adalah cara si anak mengungkapkannya.

  • Meminta Perhatian

Anak yang suka merengek cenderung kurang mendapat perhatian dari orang tuanya. Dengan merengek, si anak akan merasa lebih diperhatikan. Maka dari itu, penting bagi orang tua memberi perhatian yang cukup kepada anak dengan cara bermain bersama, membaca buku Bersama dan meninton TV Bersama.

  • Lelah atau Lapar

Rengekan si kecil dapat berarti ia merasa lelah dan lapar. Penting bagi anak untuk diberi jadwal makan yang teratur untuk menghindari anak merengek karena lapar. Saat perjalanan jauh, usahakan membawa berbagai camilan agar ketika si anak lelah dapat langsung diberi camilan sebagai pengganjal lapar.

  • Bosan

Kebosanan yang disebabkan oleh aktivitas terstruktur seperti sekolah dapat membuat anak mudah merengek. Jika hal tersebut terjadi, berikan waktu istirahat kepada anak untuk melakukan hal yang ia inginkan. Dengan cara tersebut, anak akan merasa senang dan puas yang akan mengakhiri rengekannya.

Rengekan si kecil mungkin saja mengganggu, namun sebagai orang tua, jangan langsung memarahinya. Coba telusuri terlebih dahulu penyebab ia merengek. Nah, berikut adalah tips mengatasi rengekan si kecil:

  • Langsung Merespon Si Kecil

Merespon segera ketika si kecil bertanya atau mengeluh mungkin adalah hal yang paling mudah untuk mencegah si kecil merengek. Seperti yang tersebut di atas, rengekan anak bisa jadi adalah cara ia meminta perhatian. Maka respons orang tua secara langsung ketika ia mengeluh akan mencegah rengekan terjadi.

  • Berikan Penjelasan

Meskipun masih kecil, seorang anak tetap akan bisa diberi penjelasan jika disampaikan secara baik. Memberi penjelasan bahwa merengek itu tidak baik adalah cara agar ia tidak suka merengek. Berikan penjelasan padanya apa yang dimaksud dengan merengek. Berikan juga penjelasan bahwa ia tidak akan dituruti kemauannya jika meminta dengan merengek.

Setelah melakukan tips parenting tersebut, semoga buah hati Anda tidak lagi suka merengek. Pada dasarnya, pengenalan kita sebagai orang tua terhadap penyebab rengekan anak akan sangat membantu mengatasi anak yang rewel. Dari mengetahui hal tersebut tindakan dapat dilakukan secara cepat dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *